Yamaha akan Merilis Skuter Listrik Baru Tahun Depan

Yamaha Motor Company akan meluncurkan skuter listrik baru untuk pasar Asia dan Eropa pada tahun 2022. Rencana Yamaha untuk menghadirkan kendaraan ramah lingkungan akan dimulai dengan menawarkan skuter listrik kecil di Eropa.

Dilansir dari laman Hindustan Times hari ini, Kamis, 16 Desember 2021, skuter listrik ini akan dibangun berdasarkan model konsep E01 dan E02. Motor konsep yang tampilannya mirip NMax ini pertama kali diperkenalkan dalam ajang Tokyo Motor Show 2019.

Bila dilihat dari tampilan konsepnya, desain E01 terlihat lebih sporty dengan warna abu-abu strip kuning di beberapa sisi, jok landai, dan pijakan kaki yang menawarkan posisi berkendara lebih santai.

Meskipun belum terkonfirmasi secara resmi, namun Yamaha E01 dan E02 ini memiliki performa yang mirip dengan skuter konvensional bermesin 125cc dan 50cc. Skuter listrik ini kemungkinan akan menerapkan sistem baterai yang bisa diganti atau swap battery.

Chief Executive Officer Yamaha Motor Company Yoshihiro Hidaka mengatakan, rencana peluncuran skuter listrik baru ini merupakan langkah untuk menghadapi pasar global skuter listrik yang disebut akan mengalami perkembangan hingga 33 persen dari tahun ini hingga 2030.

“Ada permintaan kuat untuk skuter listrik dari Eropa. Struktur kota berubah dan mereka tidak akan kembali (ke masa pra-pandemi),” kata Hidaka.

Hidaka juga mengatakan bahwa Yamaha akan memfokuskan sumber daya dan investasinya pada bisnis kendaraan ramah lingkungan. Hidaka yakin bahwa nantinya akan ada masa ketika harga kendaraan listrik lebih murah dari kendaraan bensin.

DICKY KURNIAWAN | HINDUSTAN TIMES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.