Sutradara, Fajar Bustomi Berharap Novel dan Film Buya Hamka Saling Melengkapi

Novelis, Ahmad Fuadi mengatakan ide menulis novel Buya Hamka berasal dari skrip film dengan judul serupa yang dibuat Falcon Pictures. Ia mengungkapkan hal itu saat Falcon Publishing, penerbit novel itu menggelar konferensi pers secara virtual pada Kamis, 16 Desember 2021.

“Pertama kali ditawari mengadaptasi skenario ke novel. Tapi saya pikir, nanti hasilnya mirip-mirip. Jadi saya mengusulkan untuk melakukan riset lagi agar lebih luas. Jadi nanti yang menonton film dan novelnya akan saling melengkapi,” kata Fuadi.

Dalam konferensi pers itu dihadiri oleh Vino Bastian, pemeran Buya Hamka. Selain itu, keluarga Buya Hamka yang langsung diwawancara Fuadi juga dihadirkan seperti Amir Syakib Hamka (anak), Ibu Afif (Menantu), dan Ahmad Syafiq (cucu).

Vino Bastian, pemeran Buya Hamka mengaku deg-degan saat ditawari memerankan ulama dan penulis novel terkenal. “Saya kaget. Kenapa saya yang dipilih. Tapi setelah ketemu dengan keluarga Buya Hamka, saya ambil ini,” ujarnya.

Vino menuturkan, memerankan karakter Buya Hamka merupakan jalan Tuhan. Ia menuturkan, ibunya mualaf dan yang menuntunnya membaca syahadat adalah Buya Hamka di Masjid Al Azhar, Kebayoran Baru.

Dari televisi, kata Vino, ia mengetahui bahwa Buya Hamka mengoleksi berbagai macam buku, salah satunya karya ayahnya, Bastian Tito, yakni Wiro Sableng. “Dan buku-buku Buya sudah menjadi koleksi buat ayah saya,” ukjar Vino.

Sutradara film Buya Hamka, Fajar Bustom menuturkan, film ini akan tayang di bioskop di Tanah Air. “Sejak awal konsep film ini, akan tayang di bioskop, dan belum berubah sampai saat ini. Saya berharap bukunya sukses, dan bisa menginspirasi banyak orang, dan nanti setelah filmnya tayang, penontonnya banyak,” katanya.

Sedangkan cucu Buya Hamka, Ahmad Syafiq mengaku senang Vino G Bastian bisa memerankan tokoh Buya Hamka.” Terus terang saya penggemar Vino. Dia aktor luar biasa di Indonesia,” tuturnya.

Syafiq mengaku banyak mendapatkan pertanyaan kapan film Buya Hamka akan tayang. “Buat saya, yang penting Buya Hamka bisa mengenang sosok Hamka, dan Vino kan merupakan aktor yang banyak disukai dari berbagai generasi.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.