Ramon Y Tungka dan Cisya Menikah, Gelar Resepsi dengan Dekorasi Ramah Lingkungan

Aktor Ramon Y Tungka telah resmi menikah dengan teman lamanya saat masih sekolah, Cisya. Kabar pernikahan ini disampaikan langsung melalui Instagram keduanya dengan mengunggah berbagai foto dan video acara resepsi pernikahan yang digelar dengan konsep unik.

Acara pernikahan digelar di alam terbuka di kawasan Pasuruan, Jawa Timur dengan mengundang keluarga serta teman-teman terdekat. Keduanya sengaja memilih dekorasi ramah lingkungan untuk acara resepsi pernikahan mereka. “Dekorasi ramah lingkungan menjadi salah satu elemen penting dalam merealisasikan ide Conscious & Sustainability sebagai pilar dari seremoni kami,” tulis Ramon di Instagram pada Jumat, 10 Desember 2021.

Hampir seluruh dekorasi yang mereka gunakan berasal dari alam yang nantinya bisa digunakan kembali. Cisya juga memilih untuk meminimalisir penggunaan aneka bunga yang berlebihan di acara resepsi pernikahannya demi mengurangi sampah. “Menengok pemajangan segambreng bunga hias dalam sebuah konsep dekorasi ialah salah satu penyumbang sampah terbesar pasca sebuah resepsi, terlebih bunga impor,” tulis Ramon.

Penggunaan alat makan lawas, batu-batuan sebagai pengganti place card di meja untuk menuliskan nama tamu undangan di meja, hingga foto prewedding dicetak di kain sisa layak pakai. “Nantinya semua detil penunjang tersebut tak berakhir menjadi sampah. Dapat disimpan lalu diolah kembali,” tulisnya.

Tidak hanya itu, Ramon juga melibatkan masyarakat lokal menyediakan makanan untuk para tamu undangan di acaranya. Ia mengaku tidak menggunakan jasa katering seperti resepsi pada umumnya dan memilih menu makanan khas yang dimasak langsung oleh masyarakat setempat, seperti Lupis, Sawut Singkong, Nogosari, Nasi Goreng Kuning, Krengsengan, Rujak Gobet, Kunyit Asam, Polo Pendem, hingga Wedang Jahe.

“Kami lebih memilih makanan lokal hasil tani wilayah sekitar sebagai menu, yang diolah dimasak secara alami oleh masyarakat Dusun Gamoh,” tulisnya. “Kalaupun ada sisa makanan, nantinya diolah menjadi pupuk kompos, seperti yang biasa kedai ini terapkan sehari-hari.”

Ramon dan Cisya sudah kenal sejak keduanya duduk di bangku SMP. Ramon merupakan kakak kelas Cisya hingga SMA. Keduanya sempat dekat namun akhirnya berpisah karena Cisya harus pindah ke Kanada namun komunikasi tetap berjalan baik layaknya kakak dan adik. Kini setelah belasan tahun, akhirnya mereka dipertemukan lagi dan mengikat janji suci pernikahan.

“Selama 12 tahun kami berpisah— Kanada – Indonesia, kita berada di tempat yang sama, waktu yang sama, tapi tiba-tiba alam semesta belum mengizinkan kita untuk bertemu satu sama lain. Beberapa menyebut peristiwa ini kebetulan atau sinkronisitas. Beberapa menyebutnya sebagai peristiwa Ilahi. Dan dia menyebutnya iman dan takdir. Terima kasih telah mempercayai kami,” tulis Cisya di Instagram pada Senin, 29 November 2021.

Ini adalah pernikahan kedua bagi Ramon Y Tungka. Sebelumnya, Ramon pernah menikah dengan Puteri Indonesia 2009, Qory Sandioriva dan dikaruniai seorang putra bernama Ganesa Tashi Tungka. Qory lebih dulu menikah lagi dengan seorang pilot bernama Shah Rei pada 6 Juni 2020. Hubungan Ramon dan Qory tetap berjalan dengan baik. Mereka menjadi sahabat demi anak yang berusia 8 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.