Pengertian Investasi yang Perlu Anda Ketahui

Secara umum di sini pengertian dari kegiatan investasi yaitu merupakan kegiatan penanaman dana atau aset yang dilakukan oleh perorangan ataupun perusahaan dalam jangka waktu tertentu demi mendapatkan imbal balik yang jauh lebih besar di masa mendatang.

Terdapat banyak sekali hal yang terlibat di dalam melakukan aktivitas tersebut. Dan beberapa diantaranya yaitu jumlah dana serta tujuan dari investasi itu sendiri. Bagi yang telah lama berkecimpung dan melibatkan diri dalam dunia penanaman modal tersebut, baik itu secara lokal ataupun internasional, baik itu investasi emas atau P2P lending Indonesia, maka istilah investasi bukan sesuatu yang asing didengar.

Namun untuk Anda yang seorang pemula penjelasan singkat dan jelas mengenai pengertian, dasar dan cara melakukan investasi sangat diperlukan. Berikut merupakan penjabaran secara sederhana bagi Anda yang tertarik serta masih baru di dalam aktivitas yang satu ini.

Apa Pengertian Investasi?

 

Apa itu investasi? Seperti yang telah disinggung di atas, bahwasanya investasi merupakan salah satu cara yang dilakukan dalam mengembangkan jumlah uang atau harta yang Anda punya. Secara sederhana Anda bermaksud agar mendapatkan dana lebih dari keuntungan di masa depan guna mencapai tujuan tertentu.

Seperti contohnya tujuan Anda yaitu ingin membangun rumah, membuka usaha ataupun menyekolahkan anggota keluarga. Pengertian investasi menurut OJK yaitu proses penanaman modal umumnya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap ataupun pembelian saham serta surat berharga lain guna mendapatkan keuntungan.

Apabila di antara Anda di sini ingin mencoba untuk memulai investasi, maka jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal, antara lain yaitu:

  • Jangan melakukan kegiatan investasi secara tergesa-gesa. Penting bagi Anda untuk memahami ataupun melakukan riset yang lebih mendalam termasuk mengenai beragam instrumen investasi yang memang paling potensial untuk Anda pilih.
  • Tidak bertindak dengan cara spekulatif.
  • Mengetahui jumlah modal yang dapat Anda siapkan.
  • Pertimbangkan mengenai jangka waktu investasi.
  • Pahami resiko yang dapat terjadi sebagai seorang investor dan jenis investasi yang dipilih.

Terdapat banyak sekali istilah di dalam melakukan aktivitas investasi yang mana di sini menuntut rangkaian penjelasan panjang. Namun untuk tahapan awal di sini Anda dapat fokus pada poin-poin dasar.

Mempunyai Tujuan yang Jelas

Tujuan di dalam kegiatan investasi memang sangatlah penting. Hal itu dikarenakan jika Anda tidak mempunyai tujuan yang benar-benar jelas, maka tentu akan sulit dalam menentukan langkah apa yang perlu diambil berikutnya. Tujuan tentunya akan membagi investasi seperti apa yang sebaiknya Anda ambil mulai dari jenis serta jangka waktu, hingga di mana Anda ingin menempatkan kegiatan investasi tersebut

Memahami Resiko

Penting untuk memahami resiko pada diri sebagai seorang investor jenis investasi yang Anda ambil. Segala hal-hal yang di sini berhubungan dengan perputaran modal memang tak akan terlepas dari faktor untung dan rugi yang dimaksud dengan resiko untuk diri, yaitu kemampuan secara finansial.

Saat Anda memutuskan untuk melakukan investasi, maka hal pertama yang Anda lakukan pastinya menyiapkan sejumlah dana. Baik itu ketika Anda memulai ataupun selama proses. Dalam hal tersebut lebih dulu terlepas dari hutang dan mempunyai kondisi pendapatan yang stabil serta dana ekstra adalah beberapa hal yang patut untuk Anda perhatikan.

Yang kedua adalah mengerti risiko dari berbagai macam jenis investasi. Dalam melakukan investasi, imbal balik dan resiko tertentu akan selalu beriringan. Terdapat jenis investasi yang di sini mempunyai risiko rugi tinggi, namun justru akan memberikan imbal hasil yang sangat besar.

Beberapa tak jarang investasi tersebut malah akan membuat seorang investor gigit jari karena tidak memperoleh apa-apa. Kemudian jenis lainnya yaitu emas. Harga emas cenderung merambat naik tiap tahun sekalipun potensi yang berhasil memang tak sebesar saham. Karena kondisi yang stabil serta mudah dipahami sebagian besar masyarakat masih menggemari jenis investasi tersebut.

Menilai Berapa Banyak Modal yang Anda Siapkan

Mengenai modal atau dana ini membahas seputar dana ataupun aset yang di sini Anda memiliki. Saat ini berinvestasi dengan menggunakan modal Rp 100.000 atau kurang dari jumlah itu sudah mungkin untuk Anda lakukan. Modal juga akan mempengaruhi jenis investasi seperti contohnya saham, emas ataupun properti.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.