IHSG Melemah di Penutupan Sesi I, 3 Saham Perbankan Diborong Investor Asing

Samuel Sekuritas mencatat tiga saham perbankan mengisi posisi teratas saham yang paling diburu investor asing di sesi pertama Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, Senin, 22 November 2021.

“Yaitu BMRI yang dibeli investor asing sebesar Rp 58,1 miliar, BBCA Rp 48,7 miliar, dan BBNI Rp 33,4 miliar,” kata tim analis Samuel Sekuritas dalam keterangan tertulis Senin.

Sementara itu, saham Dayamitra Telekomunikasi atau Mitratel (MTEL), yang baru saja memulai debutnya di bursa hari ini, langsung menjadi saham yang paling banyak dilepas investor asing di sesi pertama hari ini, dengan nilai net sell sebesar Rp 223,3 miliar, diikuti BUKA sebesar Rp 39 miliar dan AGRO Rp 28,3 miliar.

Samuel Sekuritas mencatat IHSG mengawali pekan ini di zona merah. IHSG menutup sesi pertama di angka 6.692,2 atau 0,41 persen lebih rendah dari angka penutupan pekan lalu yang sebesar 6.720,2.

Sebanyak 295 saham menguat, 210 melemah, dan 175 stagnan pada sesi pertama perdagangan hari ini, dengan nilai transaksi mencapai Rp 7 triliun. Di akhir sesi pertama hari ini, tercatat angka jual bersih asing sebesar Rp 30,7 miliar di pasar reguler, sementara di pasar negosiasi tercatat beli bersih asing sebesar Rp 141,9 miliar.

Adapun hari ini merupakan hari pertama listing saham anak usaha Telkom di sektor menara telekomunikasi, Dayamitra Telekomunikasi (MTEL). Dalam IPOnya, emiten yang menjadi emiten ke 41 yang masuk bursa pada 2021 ini melepas 22,9 miliar saham baru dengan harga penawaran Rp800 per saham.

Namun, gerakan saham Mitratel pada debutnya hari ini tidak terlalu baik; sempat menguat hingga Rp 890 per saham di pembukaan sesi, saham ini perlahan kembali menurun sebelum menutup sesi di angka Rp 785 per saham (-1,8 persen).

HENDARTYO HANGGI

Disclaimer: Berita ini merupakan hasil kerja sama dengan PT Samuel Sekuritas Indonesia. Berita ini tidak bertujuan mengajak pembaca untuk membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya berada di tangan pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.