Daftar Merek Ponsel dengan Chip Snapdragon 8 Gen 1

Awal pekan ini, Qualcomm mengumumkan chip unggulan terbarunya, Snapdragon 8 Gen 1. Menyusul pengumuman itu, sejumlah merek sudah berencana menghadirkan ponsel dengan chip baru tersebut, bahkan ada yang sudah bersiap untuk meluncurkannya.

Snapdragon 8 Gen 1 hadir dengan berbagai peningkatan pada teknologi intinya, termasuk konektivitas 5G, sensor kamera, kecerdasan buatan (AI), game, audio, dan keamanan. Chip ini dibangun menggunakan proses 4nm di atas proses 5nm yang digunakan pada generasi sebelumnya Snapdragon 888, dan menampilkan arsitektur ARM v9 terbaru.

Otak terbaru dari ponsel ini adalah prosesor octa-core dan diklaim menawarkan kinerja 20 persen lebih baik serta memiliki peningkatan efisiensi daya 30 persen juga.

Di antara banyak merek, sepertinya Xiaomi disebut sebagai salah satu yang pertama menampilkan chipset terbaru ini. Perusahaan lain seperti realme dan Motorola juga telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan menjadi salah satu pengadopsi awal chip baru ini. Berikut daftar merek tersebut:

Xiaomi

Tak lama setelah pengumuman Qualcomm, raksasa teknologi Cina itu langsung membagikan informasi di Twitter yang menggoda, yang pada gilirannya, juga mengkonfirmasi bahwa seri unggulan Xiaomi 12 generasi berikutnya akan menampilkan chip yang baru diumumkan.

Sesuai laporan awal, merek tersebut disebut sebagai perusahaan pertama yang meluncurkan smartphone dengan chip Snapdragon 8 Gen 1. Namun, laporan lain mengisyaratkan bahwa perusahaan hanya berada di antara batch pertama karena merek lain telah mengumumkan tanggal peluncuran, yang hanya beberapa hari lagi.

Berbicara tentang perangkat itu sendiri, seri Xiaomi 12 diharapkan menampilkan layar AMOLED melengkung di bagian depan dengan refresh rate 120Hz. Seri ini juga diharapkan menawarkan kamera utama 50 MP di bagian belakang dan mendukung pengisian cepat 100W Plus juga. Kabarnya ponsel akan dirilis pada 12 Desember 2021.

Motorola

Motorola juga bersiap untuk meluncurkan smartphone andalan generasi berikutnya, yang akan menjadi bagian dari seri Edge X30. Seri kelas premium yang dimaksud akan diumumkan secara resmi pada 9 Desember, yang mungkin menjadikannya merek pertama yang mengungkap smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 1.

Perangkat ini akan menampilkan layar FHD+ OLED berukuran 6,67 inci yang mendukung refresh rate di bagian depan 144Hz. Sedangkan bagian belakang menampung modul tiga kamera dengan lensa utama 50 MP.

Oppo

Mirip dengan Xiaomi, merek Cina lainnya, Oppo, juga turun ke Twitter untuk mengumumkan smartphone kelas atas mereka yang akan datang dengan chipset Qualcomm yang baru. Sayangnya, merek ini hanya menjelaskan bahwa mereka akan meluncurkan smartphone, tanpa mengungkapkan detail mengenai perangkat ini.

Oppo Find X4 Pro diharapkan menjadi handset andalan tersebut, yang diperkirakan akan diluncurkan pada kuartal pertama 2022. Dengan kata lain, ini juga merupakan salah satu batch pertama yang menampilkan chipset baru ini.

OnePlus

Beberapa waktu lalu, OnePlus membagikan unggahan baru di akun Weibo resminya. Di platform media sosial itu, perusahaan secara resmi mengumumkan bahwa generasi baru dari smartphone andalannya akan menampilkan chip seri Snapdragon 8 Gen 1.

Meskipun perusahaan tidak mengungkapkan detail yang lebih baik, model tersebut diharapkan menjadi seri OnePlus 10. Seri ini dikabarkan memiliki spesifikasi terbaik seperti layar Quad HD+ AMOLED melengkung dengan refresh rate 120Hz, bersama memori LPDDR5 dan penyimpanan UFS 3.1. Lineup ini juga diperkirakan akan debut pada kuartal pertama tahun depan.

Realme

Realme GT 2 Pro diantisipasi sebagai ponsel falgship 2022 dari merek ini. Ini juga secara resmi dikonfirmasi untuk menampilkan platform seri Snapdragon 8 kelas atas. Ponsel diharapkan menampilkan panel Super AMOLED dengan refresh rate 120Hz, lubang punch cut, dan sensor sidik jari dalam layar.

Di bagian belakang, sensor utama 108 MP akan dipasangkan dengan lensa wide angle 8 MP, dan sensor tersier 5 MP. Bagian depan memiliki fitur selfie shooter 32 MP, sesuai dengan kebocoran sebelumnya

Vivo

Vivo juga membagikan pengumuman di Weibo yang mengungkapkan rencananya untuk smartphone baru yang ditenagai oleh seri Snapdragon 8. Sayangnya, detail yang lebih baik saat ini tidak diketahui, tapi yang bisa diharapkan untuk debut pada model Nex 4, X80 Pro, dan X80 Pro Plus yang akan datang.

Di sisi lain, iQOO juga telah mengumumkan bahwa flagship generasi berikutnya akan menampilkan prosesor ini juga. Ini kemungkinan merupakan bagian dari seri iQOO 9.

7. Merek Lain

Sejumlah merek lain juga ingin meluncurkan penawaran premium mereka dengan chip baru tersebut. Ini termasuk Honor dengan seri Magic 4, Samsung dengan seri Galaxy S22, Redmi dengan seri Redmi K50, Nubia dengan seri Z40, Black Shark dengan seri Black Shark 5, ZTE dengan seri Axon 40, Red Magic dengan seri Axon 40 dan seri Red Magic 7, serta Sharp dan Sony.

Perlu diingat, bahwa beberapa model yang disebutkan di atas belum dapat dikonfirmasi atau bahkan diumumkan secara resmi saat ini dan hanya berdasarkan tebakan.

GIZMOCHINA | GSM ARENA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.