Bukan Sekadar Gaya, Beragam Jenis Helm Dibuat untuk Menyesuaikan Kegunaannya

Helm merupakan peranti penting untuk keselamatan pengendara sepeda motor juga melindungi wajah dari terpaan angin. Pelindung kepala itu pun terus berkembang bentuk modelnya. Helm pun menjadi mode yang menunjang gaya hidup pengendara menyesuaikan sepeda motornya.

Mengutip Astra Motor, berikut beragam jenis helm:

Helm ini keseluruhan kepala hingga sebagian leher. Bila dibandingkan dengan jenis helm yang lainnya, helm full face dianggap paling aman melindungi kepala. Helm jenis ini cocok untuk pengendara yang terbiasa bepergian jarak jauh.

Helm ini tampak seperti jenis full face. Namun, bedanya di bagian dagu helm ini bisa dibuka ke atas. Bobot helm ini pun lebih berat dibandingkan jenis lainnya. Jika kualitas helm ini kurang baik, maka engselnya agak longgar.

Pelindung kepala ini biasa disebut helm tiga perempat. Helm ini termasuk jenis yang paling banyak di pasaran. Bentuk helm ini dilengkapi visor, tapi tak ada pelindung di bagian dagu. Bobot helm ini cenderung ringan.

Helm off road digunakan perjalanan jauh yang jalurnya ekstrem. Memang sesuai namanya, tujuan helm ini untuk berkendara di luar jalan raya (off road). Helm ini seperti model full face, tapi bedanya lebih ramping. Bagian pelindung depan lebih panjang untuk melindungi dari terik matahari.

M. RIZQI AKBAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.