Akhir 2021, Penyerapan Anggaran Pemulihan Ekonomi Diperkirakan Capai 95 Persen

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara memperkirakan realisasi anggaran program pemulihan ekonomi nasional atau PEN hingga akhir tahun bisa mencapai 95 persen.

“Estimasi kami PEN ini akan terealisasi 95 persen di akhir tahun,” kata Suahasil dalam diskusi virtual Senin, 22 November 2021.

Menurutnya, komponen kesehatan kemungkinan besar akan cukup tinggi realisasinya, karena sekarang masih ada beberapa proses tagihan-tagihan rumah sakit yang sedang berproses. Dia berharap hal itu bisa diselesaikan tahun 2021 ini.

“Kemarin ketika kita didera varian delta, biaya rumah sakit semua yang ditanggung negara ini mengalami peningkatan. Kita akan lihat di akhir tahun nanti berapa total tagihannya dan pasti akan kami laporkan,” ujarnya.

Pada klaster perlindungan sosial, kata dia, akan mencapai target, skrng masih ada pembayaran di November hingga Desember. Pada dukungan UMKM dan koperasi juga seperti itu.

Untuk subsidi bunga kredit usaha rakyat, kata dia, masih ada dalam proses penagihan, namun ini akan terserap sekitar 90 persenan di akhir tahun.

Sedangkan program prioritas dijalankan oleh berbagai macam KL baru 64 persen. Namun seperti biasa kuartal IV akan ada dorongan penyerapan anggaran yang lebih tinggi.

HENDARTYO HANGGI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *